sejumlah hal yang membuat buku ini kejutan bagi saya

– Sebuah sok-pengantar untuk kumpulan prosa Andi Gunawan, Kejutan!

1.

Saya tak pernah bertemu penulis bernama Andi Gunawan—kecuali beberapa kali saling sapa di linikala Twitter. Namun sejak pertama membaca namanya, saya merasa dia bukan orang asing. Nama depannya akrab sekali di telinga saya. Tiga mantan pacar saya menggunakan nama ‘Andi’ di depan namanya. Saya merasa buku ini adalah paket yang dikirim oleh mantan-mantan kekasih saya. Kejutan! sudah menjadi kejutan bagi saya bahkan sebelum membacanya.


2.

Surat. Iya, saya merasa tulisan-tulisan Andi Gunawan dalam buku ini adalah sejumlah surat. Surat yang dia kirim kepada banyak alamat—atau mungkin juga bukan ke alamat manapun. Setiap hendak membaca satu tulisan dalam buku ini, saya merasa sedang membuka amplop baru. Bukankah surat selalu menyimpan kejutan? Kadang kecil, kadang tidak kecil. Sejumlah ‘surat’ dalam buku ini punya kejutan besar.

3.

Membaca tulisan-tulisan Andi Gunawan dalam buku ini membuat saya merasakan sensasi aneh. Ganjil. Saya seperti ditarik masuk ke hal-hal yang sangat akrab dan sangat asing secara bersama-sama. Tarik-ulur yang ganjil antara dekat dan jauh itu adalah kejutan yang membuat saya seringkali harus mengulang-ulang membaca sejumlah tulisan dalam buku ini.

4.

Adakah yang besar dan kecil sekaligus? Pertanyaan itu seringkali muncul saat membaca sejumlah kisah dalam buku ini. Hal-hal besar diceritakan melalui hal-hal sepele. Sebaliknya hal-hal sepele membuat kita memikirkan hal-hal besar. Kejutan itu terasa, sangat terasa, di sejumlah tulisan dalam buku ini.

5.

Cerita yang baik sama sekali tidak ditentukan oleh seberapa banyak kata yang digunakan bercerita. Saya tahu Andi Gunawan menyadari hal itu—dan buku ini menunjukkannya dengan baik. Sejumlah cerita hanya terdiri dari beberapa kalimat namun menggema begitu panjang seusai kita membacanya.

6.

Prosa. Begitu Andi Gunawan menamai tulisan-tulisannya dalam buku ini. Namun saya yang lebih sering menulis puisi dan menyukai puisi menemukan banyak puisi dalam buku ini. Menemukan puisi dalam kumpulan prosa adalah kejutan, bukan?

7.

Saya tak bisa memainkan alat musik. Tetapi ketika menulis saya dengan sadar menganggap kata-kata bisa berfungsi sebagai alat musik. Andi Gunawan dalam banyak sekali tulisan di buku ini menunjukkan cara memainkan kata sebagai alat musik. Bacalah tulisannya dengan sedikit lantang dan dengarkan kata-kata itu jadi musik. Saya tahu, Andi Gunawan secara sadar melakukan itu.

8.

Saya menyukai tulisan-tulisan yang tidak menggurui. Di hadapan tulisan-tulisan Andi Gunawan di buku ini saya menjadi pembaca yang diberi kekuasaan. Andi Gunawan, melalui tulisan-tulisannya, menyadari bahwa dia sedang menulis cerita, bukan khotbah. Saya bebas mencari apa yang saya temukan—dan tak ingin bertanya apa sebenarnya yang ingin disampaikan penulis buku ini.

9.

Beberapa tulisan dalam buku ini nampak bermain-main dan serius sekaligus. Seolah ditulis buat diri sendiri dan orang lain sekaligus. Beberapa tulisan dibuat separuh ditutup, separuh disingkap, seperti jendela yang tak terbuka penuh. Itulah yang membuat kita menebak-nebak apa yang sebenarnya ada di baliknya. Sejumlah tulisan dalam buku ini penuh paradoks mengejutkan.

10.

Setelah membaca buku ini, saya merasa sangat akrab dan sekaligus bertambah asing kepada sosok penulisnya. Saya penasaran. Rasa penasaran juga adalah kejutan. Semoga saya bisa membaca bukunya yang lain.

Makassar, 5 April 2011

Catatan:

Tulisan untuk buku Kejutan! di atas saya buat sebelum bertemu dengan @ndigun yang sekarang sibuk menjadi comic alias pe-stand-up-comedy. Hehe. Saya sudah pernah bertemu Oktober tahun lalu. Dia memang lucu. Eh, jika tertarik mau membeli bukunya, @ndigun bisa ditemui di Twitterland. (Ndigun, bayar saya mengiklankan kamu di sini!)

2 thoughts on “sejumlah hal yang membuat buku ini kejutan bagi saya

Tinggalkan Balasan

