Akhir Mei dan Proyek Sederhana untuk Kamu

Sepulang dari satu tempat, saya menemukan di ponsel yang saya lupa bawa, 17 panggilan tidak terjawab dari mama saya. Selama seharian, saya sudah membuat dia khawatir dengan tidak menjawab panggilannya. Bukan kebiasaan mama saya menelpon pada siang hari. Dia selalu melakukannya pada subuh hari atau tengah malam ketika dia bangun untuk mendirikan shalat tahajud. Pasti ada yang amat penting, pikir saya.

Karena merasa bersalah, saya menelponnya segera. Saya tertawa dan menangis sekaligus saat tahu alasan dia menelpon bertubi-tubi. “Ternyata kita tidak punya foto berdua. Mama sudah periksa album foto Mama dan album foto di kamarmu,” katanya.

Seingat saya, kami pernah berfoto berdua ketika adik bungsu saya menikah beberapa tahun lalu. Tetapi foto itu belum pernah saya cetak. Saya periksa semua folder foto saya, dan tidak menemukannya. Di folder komputer saya, dan di blog ini, yang saya temukan justru puluhan puisi yang saya tulis untuknya. Saya memang lebih banyak mengabadikan hubungan kami melalui puisi, bukan lewat foto. Kami jarang sekali bertemu.

*

Ketika mandi, beberapa menit yang lalu, saya memikirkan ide ini, satu rencana sederhana yang ingin melibatkan siapapun di antara kalian yang tertarik ikut. Simpel. Ikuti saja aturan sederhana berikut ini.

1. Kirimkan satu foto berdua dengan mama kamu.

2. Ceritakan kisah atau peristiwa atau apapun di balik foto yang kamu pilih itu.

3. Gambarkan secara singkat siapa kamu dan mama kamu. Ceritakan kebiasaan-kebiasaan sederhana dia yang selalu membuat kamu rindu atau hal-hal yang membuat kamu berpikir dia berbeda dengan mama orang lain. Atau apapun yang ingin kamu ceritakan mengenai hubungan kalian.

4. Saya akan memilih sejumlah foto dan cerita  dan membuat puisi atau catatan atau apapun untuk kalian. Saya akan posting di blog ini bersama foto dan cerita kamu.

5. Silakan kirim ke aksarakecil at gmail dot com paling telat 15 Juni 2012. (Semakin cepat kamu kirim, semakin berpeluang untuk lebih cepat saya pilih dan publikasikan.)

6. Jangan lupa cantumkan akun twitter kamu, supaya saya bisa mention saat puisi untuk kamu tayang di blog ini.

*

Terima kasih.🙂

4 thoughts on “Akhir Mei dan Proyek Sederhana untuk Kamu

Tinggalkan Balasan

