Semacam Surat Cinta

–Diah

Hari ini saya sedang tak punya uang untuk membeli kado untuk kamu. Saya takut menambah jumlah hutang yang sudah terlalu banyak dengan meminjam lagi pada teman. Saya hanya ingin memberi kamu janji. Sekali lagi.

Kamu boleh memilih salah satu dari beberapa janji berikut ini. Sebelum salah seorang di antara kita tersangkut maut, saya akan melunasinya.

#1

Saya akan membawa kamu semalam ke Paris atau Roma atau kota mana pun di luar negeri yang kamu mau. Saya akan membawamu ke sana tanpa perlu kita meninggalkan rumah apalagi memesan tiket pesawat.

Saya akan mendekorasi salah satu ruangan di rumah kita kelak menyerupai sebuah restoran di kota yang kau pilih. Seindah dan semirip mungkin. Menata ruangan tentu tak terlalu rumit. Saya akan membeli bahan-bahan yang murah dari salah satu toko di sekitar rumah. Saya akan meminta anak-anak kita mengenakan seragam pelayan dan berbicara dengan bahasa dan aksen kota tersebut. Mereka akan menghidangkan kepada kita makanan dan minuman khas mereka.

Seusai makan, kita akan memasuki kamar yang juga sudah ditata serupa kamar hotel paling cantik di kota tersebut. Kita akan menghabiskan malam di kamar tersebut. Berdua saja.

#2

Saya akan mengajak kamu menginap semalam di salah satu panti jompo. Di sana kita akan membacakan sajak-sajak cinta kepada para penghuninya. Dengan begitu kita bisa membayangkan bagaimana kelak kalau kita sudah tua.

#3

Saya akan membuat sepasang layang-layang. Kemudian akan saya ajak kamu ke sebuah padang dan bermain layang-layang sepuasnya di sana. Sebab saat itu, mungkin kita sepasang orang dewasa yang mulai ditinggalkan jiwa kanak-kanak. Dengan bermain layang-layang sambil menikmati senja hari, kita kembali sepasang anak-anak.

#4

Saya akan menghidupkan kamu dari tidur-mat di sebuah tengah malam, memasang baju hangat ke tubuhmu dan sepatu pendaki di sepasang kakimu. Saya akan mengajak kamu mendaki sebuah gunung. Perjalanan mendaki selama beberapa jam dalam kegelapan akan menyiksa kita berdua. Saat tiba di puncak gunung saya akan memanggang roti dan mengeluarkan sari jeruk dari tas. Kemudian kita sarapan sambil menyaksikan matahari dan kota di bawah kita perlahan bangun pagi.

#5

Saya akan mengajak kamu ke sebuah mata air, di hulu sebuah sungai. Di sana kita akan mandi sepuasnya sampai tulang-tulang kita paling dingin, hingga kita menangis. Kemudian saya akan memeluk kamu hingga tulang-tulang kita paling panas, dan kita tertawa.

Silakan kamu pilih, Sayang! Sekali lagi, ini janji yang akan saya lunasi kelak! Maafkan saya tidak punya uang buat membelikanmu kado hari ini! Saya mencintaimu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s