dan hasilnya adalah….

Satu Kisah Sederhana yang Dipersiapkan

untuk Anak-anak yang Beranjak Remaja



Kau pernah dijemur di halaman sekolah,

temanmu hanya tiang bendera. Aku juga.

Kita suka terlambat dan tak suka ikut upacara.

Sejak saat itu aku benci sengat matahari. Sangat.

Sejak saat itu kau takut wajahmu berubah coklat.



Beberapa tahun kemudian, kau masih ingat?

Kita bertemu di sebuah toko, pertemuan singkat

dua remaja yang jatuh cinta pada topi yang sama,

sebuah topi bertulis sebuah nama band ternama.



Tetapi kita, dua kolektor topi, akhirnya tak jadi beli topi.

Aku malah beli baju. Kau juga. Sama-sama warna biru.



Di dada baju baruku itu ada gambar radio dan notasi lagu

yang beterbangan di atasnya seperti kawanan capung.

Di dada baju barumu ada gambar tentara terjun payung.

Menurutku gambar parasutnya tidak kelihatan betulan

tapi menyerupai kantong plastik yang dikembangkan.



Bertahun-tahun kemudian, kau masih ingat kan?

Di sebuah pertemuan, tempat duduk kita berdekatan.

Sebelum bicara banyak, kita saling tukar kartu nama

dan senyum. Saat itu aku mulai jatuh cinta. Kau juga.



Aku masih menyimpan kartu nama itu di lemari yang sama

aku menyimpan benda-benda kecil dari masa-masa kecilku

seperti fotoku yang termuat di selembar surat kabar lama.

Aku suka foto itu. Sedang menangis di tepi kolam renang.

Kau tahu, aku memang takut tenggelam, hingga sekarang.



Jika anak-anak bertanya bagaimana kita bisa menikah

ceritakan saja kisah sederhana bohongan itu padanya.

Agar seolah aku dan kau memang ditakdirkan menikah,

hidup bahagia dan saling mencinta. Ya, begitu saja!



2008



catatan: kata-kata yang dimiringkan adalah nomina yang dipilih oleh saya dan Dedy T Riyadi. Untuk melihat sajak dari kata-kata yang sama yang dibuat Dedy, klik di sini. Dan ternyata, Hasan Aspahani ikut membuat sajak dari kata-kata yang sama. Hasilnya bisa dilihat di sini. Permainan ini menyenangkan juga. Ada lagi yang mau ikutan?

One thought on “dan hasilnya adalah….

Tinggalkan Balasan

