aku dan puisi #1

1.

Poetry is just the evidence of life. If your life is burning well, poetry is just the ash.

Saya pernah, dengan kemampuan bahasa asing seadanya, menerjemahkan dua atau tiga puisi yang ditulis oleh penyair yang menulis kalimat bercetak miring di atas. Leonard Cohen nama penyair itu. Jika saya sedang tak bisa menuliskan puisi, salah satu hal yang biasa saya lakukan adalah menerjemahkan puisi—selain tentu saja membaca puisi orang lain. Melalui proses membaca dan menerjemah itu saya sering menemukan kembali semangat, kekuatan dan ide untuk menulis puisi.

Saya selalu percaya bahwa puisi bisa datang dari mana saja—segala sesuatu adalah pintu di mana puisi bisa datang tiba-tiba mengetuk minta masuk. Saya selalu percaya bahwa segala sesuatu, apa saja, bisa berubah jadi puisi. Iya, saya memang percaya bahwa segala sesuatu mula-mula diciptakan sebagai puisi lalu entah oleh siapa menjadikannya bukan puisi. Itulah mengapa dikatakan bahwa di dalam diri setiap orang ada seorang penyair yang mati muda. Tugasmu, begitu saya selalu katakan pada diri sendiri, adalah mengembalikan segala hal itu menjadi puisi.

Pertama-tama yang mesti saya jadikan puisi adalah hal-hal yang dekat dengan diri saya; kepedihan, keriaan, kemarahan, dan segala perasaan dari dalam saya. Ini semacam usaha untuk menjadikan lagi diri saya sebagai puisi—sebab dulu saya lahir sebagai puisi. Sebaik-baik penyair bukanlah yang menciptakan puisi paling puisi, melainkan penyair yang bisa menjadikan dirinya sebagai puisi. Itulah mengapa puisi-puisi yang saya tuliskan berasal dari abu pembakaran diri saya. Hidup membakar diriku dan abunya saya buat jadi puisi.

One thought on “aku dan puisi #1

  1. Satu jurus lagi selain membaca puisi dan menerjemahkan, mengunjungi blog puisi… he he he. Tambah satu alasan untuk menjadi pencandu blogpecandubuku ini🙂

Tinggalkan Balasan

