PERTANYAAN SEBELUM TIDUR

kenangan, masa depan, aku
dan kekasihku juga tempat tidur
melalui apakah masuk ke dalam mimpiku?

jika tidak ada orang yang tertidur
bagaimana dan di mana mimpi-mimpi
bertahan hidup, berkembang biak
dan merawat anak-anaknya?

kucing yang mendengkur di ujung kasur
pernahkah ia bermimpi bertemu anaknya
yang mati dilindas motor dua bulan lalu?

mengapa setiap aku tidur, diam-diam
tubuhku melakukan penghianatan
dan saat terbangun aku sudah jadi lain?

apakah yang dikatakan mimpi pada tidur
sebelum masuk dan keluar dari tidur
seorang pemuda yang jatuh cinta?

berbeda dengan jalan pagi, minum kopi,
membaca buku dan berbicara di telepon,
mengapa saat aku tertidur aku tak pernah
tahu bahwa aku sedang tidur?

mengapa pula saat tertidur, mataku bisa
melihat mataku terpejam atau berkedip
pada seorang gadis bersenyum manis?

Balikpapan, 2006

Tinggalkan Balasan

