ANGAN-INGIN

SEWAKTU masih kanak, saya ingin sekali jadi seorang penulis seperti Hamka (masa kecil di sebuah desa terpencil memaksa saya membaca buku-buku Hamka milik kakek karena tak banyak pilihan lain). Meskipun belum terkenal dan tidak menulis buku-buku laris, saya merasa keinginan itu sudah tercapai. Beberapa bukuku sudah terbit.

Lalu, saya pernah berangan-angan memenangkan sebuah undian besar berhadiah uang milyaran dan jadi seorang kaya raya agar bisa punya sebuah perpustakaan. Meskipun saldo tabunganku tak pernah sampai satu juta, saya sudah memiliki perpustakaan dengan koleksi buku enam ribu judul lebih. Saya pikir itu sudah lebih dari sekadar cukup.

Suatu waktu, saya juga pernah ingin memiliki seorang kekasih dan sahabat. Meskipun saya sudah berkali-kali ditinggalkan perempuan yang saya cintai, saya merasa sudah pernah memenuhi keinginan itu. Juga di sekelilingku begitu banyak orang yang bisa saya panggil sebagai sahabat. Pertanyaannya kemudian, apakah semua ingin-angan-ku sudah terpenuhi?

Kemarin sore, seusai menyelesaikan dua dari lima buah buku hadiah dari seorang sahabat. Saya memikirkan lagi semua hal yang pernah saya angan-ingin-kan. Alir-arus pikiran itu bermuara pada kesimpulan bahwa semua itu adalah keinginan yang egois. Saya ingin jadi penulis agar bisa terkenal. Saya ingin menang undian agar kaya. Saya ingin punya perpustakaan agar bisa dianggap cerdas dan baik hati. Saya ingin punya kekasih agar bisa lengkap sebagai lelaki. Saya ingin punya sahabat agar ada yang bisa membantu. Semuanya sungguh-sungguh egois, sangat mementingkan diri sendiri. Dan tiba-tiba saja saya muak atas semua itu. Sungguh-sungguh muak! Mengapa saya bisa begitu rakus dan jahat menginginkan semua itu?

Sebelum pindah membaca buku yang lain, saya memutuskan untuk tak lagi memiliki keinginan apa-apa, kecuali satu hal. Saya ingin kelak sebaris kalimat tertulis di nisanku; lelaki yang berbaring di sini memiliki banyak kesalahan dan minta untuk dimaafkan!

One thought on “ANGAN-INGIN

Tinggalkan Balasan

