suatu malam dengan ibu

suatu malam di tempat tidur,

aku dan ibu terlibat bisik-bisik.

“kenapa senyum ibu terus saja seperti bunga yang baru mekar

meski ayah pergi melupakan keluarga?”

aku tak tahu ada apa di wajahnya

saat aku bertanya seperti itu.

“suami adalah penjajah, nak!

katakan padaku adakah yang lebih berharga dari kebebasan?”

aku tak bisa tidur malam itu,

besoknya aku harus kembali ke kota

tetapi kupilih memperpanjang masa libur

seminggu.

(nb: aku tahu ibu tak akan membacanya, tetapi biarlah kusebut: selamat hari ibu, engkaulah perempuan paling ibu di dunia ini!)

Tinggalkan Balasan

