[tips #1] Agar Membaca Sastra Menjadi Menyenangkan

1. Bacalah buku satra yang ringan terdahulu Tidak semua buku sastra tebal. Mungkin bisa dicari dari buku kumpulan cerita pendek dahulu. Dari situ kita mulai dasar-dasarnya. Nanti jika kita merasa sudah bisa membaca yang lebih berat lagi, ganti dengan buku yang lumayan tebal.

2. Membaca di ruangan yang tidak banyak suara Lebih baik membaca di tempat yang sedikit “kedap” suara alias tidak ramai dan bising, misalnya perpustakaan, taman, dan tempat tidur. Namun, kita juga bisa menambahkan musik klasik sebagai pendamping kala kita membaca buku sastra. Kata orang, musik klasik adalah musik yang mampu membawa imajinasi yang lebih luas.

3. Buatlah diri senyaman mungkin Saat membaca buku sastra, buatlah diri senyaman mungkin (asal jangan sambil terbaring karena dapat merusak mata). Misalnya, memasang alat pendingan ruangan (jika ada), duduk di atas bangku, dengan cemilan di meja, dan sebagainya.

4. Jangan paksakan diri jika sudah tidak mampu membaca Merasa mengantuk saat membaca? Kita tidak perlu memaksakan mata kita terus membuka hanya untuk membaca buku sastra. Membaca bukan untuk penyiksaan melainkan membuat ketenangan batin.

5. Tulis sinopsisnya, ceritakan, dan diskusikan kepada orang lain Berdiskusi soal karya sastra bukanlah hal aneh. Justru kegiatan itu juga menambah amal. Jadi, yang tahu soal buku yang Anda baca tidak hanya Anda sendiri, tapi juga orang lain. Pembahasannya pun bisa disangkutpautkan ke kehidupan sehari-hari.

6. Tonton dramanya Jika buku sastra yang dibaca dijadikan sebuah drama atau film, kita bisa menontonnya, dan dihubungkan dengan buku sastra yang dibaca. Jadi, bisa kita lihat di mana adegan yang tidak ada.

dikutip dari http://www.matabaca.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s